Mudik
  • May 13, 2019
Mudik Pakai Mobil Pribadi, Perlukah Membawa Sparepart Cadangan ?

Jakarta – Mogok adalah hal yang selalu dikhawatirkan pemudik saat memulai perjalanan ke kampung halaman. Apalagi jika membawa mobil pribadi dan harus melewati rute yang panjang. Pertanyaannya, apakah pemudik perlu membawa sparepart cadangan di bagasi mobilnya?

Di luar peralatan wajib seperti dongkrak, ban cadangan, dan aneka tools kit, para pemudik yang pakai mobil pribadi sebenarnya tidak perlu membawa sparepart cadangan di bagasi. Dengan catatan, mobil harus dalam kondisi ‘siap tempur’ saat akan diajak mudik.

“Nggak perlu. Tapi sebelum mudik mobil harus dipastikan benar-benar siap, sehingga nggak perlu ribet bawa sparepart cadangan,” ujar Head Product Improvement/EDER Dept Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor Bambang Supriyadi, beberapa waktu lalu.

Lalu apa saja poin yang perlu disiapkan di mobil sebelum memulai perjalanan jauh?

“Yang paling penting diperiksa, cairan-cairan di mobil. Seperti air radiator, oli mesin, oli transmisi, air wiper, minyak rem, dan fan pump kalau masih pakai HPS. Itu yang harus diperhatikan. Sepanjang itu mencukupi, kemungkinan mobil bermasalah kecil,” terang Bambang.Bambang juga mengimbau agar para pemudik di zaman sekarang harus lebih pandai memanfaatkan jejaring internet dan media sosial. “Zaman sekarang, kalau ada apa-apa di jalan lebih gampang. Bisa manfaatkan layanan bengkel resmi lewat aplikasi, atau bisa minta bantuan dari teman atau kenalan di social media,” lanjut Bambang.

Tapi untuk jaga-jaga, bagi detikers yang ingin mudik pakai kendaraan pribadi, disarankan untuk melakukan general check-up di bengkel umum untuk mengetahui lebih dini jika ada permasalahan di mobil. Nah, agar tidak antre panjang, sebaiknya servis mobil dilakukan dua minggu sebelum libur lebaran tiba. (lua/rgr)

Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published.